Aneka Olahan Ayam Tingkatkan Nilai Tambah Ekonomi

Aneka Olahan Ayam Tingkatkan Nilai Tambah Ekonomi

AYAMadalah salah satu jenis unggas peliharaan. Masyarakat mengenal dua jenis ayam peliharaan yang dimanfaatkan sebagai sumber protein hewani dalam bentuk daging segar ataupun dalam bentuk olahan.

Produk olahan daging ayam baik ayam ras maupun ayam buras dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi peternak dan nilai guna bagi produsen maupun konsumen. Adapun beberapa produk olahan daging ayam tersebut antara lain chicken nugget, abon, ayam crispy, bakso, sosis, ayam tepung beku, gelatin, dan lain-lain.

Metoda pengolahan produk olahan tersebut relatif beragam, tergantung kepada kelayakan rencana usaha, baik secara teknis maupun ekonomis. Khusus kelayakan secara teknis telah berkembang metode proses pengolahan yang relatif mampu mengolah daging ayam menjadi berbagai produk olahan.

Produk olahan daging ayam merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan secara terintegrasi bagi para peternak ayam dan pengusaha bidang industri pangan.

Chicken nugget

Produk ini merupakan produk yang sedang berkembang dan banyak diminati semua lapisan, dari mulai anak-anak hingga manusia lanjut usia (manula). Chicken nugget adalah suatu produk berbahan baku daging ayam yang dicampur tepung terigu/tepung roti dan susu. Produk olahan ini sebagai makanan yang memunyai nilai gizi yang cukup baik dan tidak heran jika memunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi di pasaran.

Oleh karena itu, pendirian industri chicken nugget memunyai prospek yang cukup menjanjikan dan dapat dikembangkan dalam skala kecil, menengah maupun besar.

Abon ayam

Produk ini merupakan produk olahan daging ayam yang memunyai tingkat keawetan relatif lama, sehingga abon ayam dapat dikembangkan sebagai produk yang dapat disimpan dan disebarkan secara lebih luas. Abon ayam adalah suatu produk olahan yang memunyai kandungan protein yang sangat tinggi antara 60% – 80 %. Berbagai kalangan konsumen menyukai jenis produk ini.

Abon ayam memunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi di pasaran dan dapat diproduksi dalam suatu industri skala kecil, menengah, dan besar. Teknologi pengolahan abon ayam pada prinsipnya dapat dilakukan siapa saja, asalkan menguasai teknologinya.

Ayam crispy

Produk ini merupakan produk olahan ayam beku yang dapat disajikan dalam berbagai bentuk dan berbagai rasa. Ayam crispy sangat disukai semua kalangan, terutama anak-anak. Produsen ayam crispy relatif terbatas, maka produk ini menjadi suatu peluang usaha yang dapat dikembangkan dalam skala kecil, menengah, dan besar.

Teknologi pengolahan ayam crispy pada dasarnya tidak terlalu rumit dan dapat dilakukan siapa saja, asalkan ditunjang sarana dan prasarana, juga fasilitas yang memadai.

Bakso/sosis ayam

Produk bakso atau sosis sudah sangat dikenal di lingkungan masyarakat, terutama bakso/sosis sapi, tetapi relatif sedikit industri pengolah makanan tersebut. Padahal, bakso/sosis ayam adalah produk olahan yang memunyai rasa dan nilai gizi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan produk bakso/sosis sapi. Maka, produk ini memunyai peluang untuk dikembangkan menjadi suatu usaha baik skala kecil, menengah, ataupun besar.

Teknologi pengolahan bakso dan sosis ayam dapat dikembangkan secara bervariasi, tergantung pada kualitas dan kapasitas yang diharapkan. Pada prinsipnya produk bakso/sosis ayam merupakan produk alternatif/diversifikasi yang memunyai nilai gizi yang cukup tinggi, terutama bagi anak-anak pada usia pertumbuhan.

Ayam tepung beku

Produk ini merupakan produk olahan ayam yang disiapkan dalam bentuk beku dan dapat dikonsumsi setelah digoreng. Ayam tepung beku sampai saat ini dikenal di masyarakat dengan istilah Fried Chicken. Teknologi pengolahan produk ini pada prinsipnya ada kemiripan dengan produk olahan ayam crispy, yaitu menggunakan sarana dan prasarana serta fasilitas yang sama. Pada pelaksanaan usahanya dapat dijadikan satu dengan produk olahan tersebut.

Teknologi pengolahan ayam tepung beku dapat dikembangkan dalam skala kecil, menengah, dan besar. Metoda pengolahannya dapat dengan mudah dilakukan oleh siapapun. Oleh karena itu, produk ini merupakan suatu rencana usaha yang cukup berpeluang dan menjanjikan.

Gelatin

Produk ini merupakan produk yang dihasilkan dari tulang ayam. Tulang yang dibuat gelatin adalah tulang yang secara fisik banyak mengandung kolagen. Mengingat fungsi dan peranan gelatin dalam pengolahan makanan serta obat-obatan adalah cukup penting, maka salah satu alternatif untuk memproduksi gelatin adalah memanfaatkan tulang ayam, sehingga dapat menambah nilai ekonomis bagi pengusaha daging ayam.

Selama ini, banyak beredar bahan makanan, minuman ataupun obat-obatan berupa kapsul dan tablet, dengan satu bahan penunjangnya maupun sebagai bahan tambahan makanannya adalah gelatin. Asal tulang hewan yang digunakan sebagai bahan gelatin tersebut tidak diketahui spesiesnya. Tentunya menimbulkan keraguan bagi umat Islam jika produk gelatint ersebut berasal dari hewan yang diharamkan.

Teknologi pengolahan gelatin dari tulang ayam dapat dikembangkan dalam skala kecil, menengah, dan besar dan metoda pengolahannya dapat dengan mudah dilakukan oleh siapapun. Oleh karena itu, produk ini merupakan suatu rencana usaha yang cukup berpeluang dan menjanjikan. Siapa mau memulai?***

DR.Ir. Yusep Ikrawan, M.Sc., Dosen Pascasarjana Program Magister Teknologi, FT Unpas

Leave a comment